Hiatus · Baca blog penulis di tautan ini dan tautan ini.

Selasa, 26 Maret 2013

Apakah Pembuat Template Selalu Memulai dari Awal ?

Apakah Pembuat Template Selalu Memulai dari Awal ?Jujur, saya masih bingung, dan bertanya-tanya pada diri sendiri akan hal ini. Apakah benar mereka membuat template mereka sendiri sementara ada kemiripan-kemiripan tertentu dengan template orang lain ? Kemiripan-kemiripan antar template tersebut masih dapat dimaklumi jika kemiripan tersebut masih ada dalam lingkup seorang pembuat template. Jadi kemiripan itu hanya pada template-template yang Dia buat sendiri.

Jujur, dan tidak bermaksud apa-apa, walaupun saya bukan "master" pembuat template, karena saya tidak bisa memperbaiki threaded comment sendiri, tapi jika saya membuat template (Revle v1, Revle v2) itu saya mulai dari kerangka template Blogger. Tidak ada campur tangan dari orang lain.

Kerangka template ini pun memang hanya terdiri dari struktural-nya saja. Dan desain ini memang sangat sederhana dan sangat minimalis, karena saya sangat suka itu.

Kerangka template yang saya maksud adalah sebagai berikut:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:skin><![CDATA[

/* CSS */

]]></b:skin>

</head>
<body> 

</body>
</html>

Kerangka itu nanti akan otomatis di-generate oleh sistem Blogger menjadi banyak serangkaian kode. Nah, si pembuat template harusnya mulai dari sini dan mengetikkan CSS-nya secara manual satu persatu (walaupun mungkin ada generator template otomatis yang lebih instan).

"Jka" pembuat template membuat dengan sistem ini (harusnya) maka mustahil ada kemiripan suatu elemen yang bahkan tidak diketahui pembuat template itu sendiri. #aneh
Opini singkat ini mungkin tak akan pernah berujung jika saya masih menemui hal semacam ini ...

3 komentar:

  1. kaloq mau bisa bikin template yha memang harus ketik sendiri,,saya mau coba..terima kasih..
    kerangkanya bro..

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan baik. Komentar anonim tidak akan dijawab.