Senin, 17 Februari 2014

HTMLy: Platform Flat File Blog Buatan Lokal

HTMLy, flat file blog buatan lokal yang patut dicoba.
Setelah membaca sebuah artikel tentang flat file CMS di situs asing beberapa bulan yang lalu, saya jadi tertarik sekaligus penasaran dengan flat file CMS yang kemudian menuntun saya untuk mencari informasi mengenai hal tersebut. Dari hasil penjelajahan saya itu, saya temukan beberapa platform flat file blog/CMS di antaranya: PluXml, Monstra, Morfy, GetSimpleCMS, Pico, TextPress, FlatPress, dsb. Hingga penjelajahan beberapa minggu yang lalu kemudian saya menemukan platform flat file blog engine buatan lokal bernama HTMLy.

Saya teringat untuk menulis pos ini saat sebelumnya sempat menundanya, setelah membaca tulisan dari sini yang dibagikan di sebuah grup perkumpulan penulis blog. HTMLy adalah platform flat file blog buatan lokal yang dibuat oleh +Danang Probo Sayekti. Secara umum, flat file blog/CMS memiliki kelebihan dari sisi kecepatan, kesederhanaan, dan ukuran filenya yang relatif kecil sehingga tidak membutuhkan disk space hosting yang besar. Manajemennya pun tidak terlalu sulit untuk pemula dan lebih praktis untuk di-backup.

Penggunaan SQL database yang biasanya digunakan pada blog engine ternama (contoh: WordPress) pada HTMLy digantikan oleh sebuah folder penyimpanan yang berisi file-file pos berformat .md yang sekaligus dianggap sebagai database untuk menyimpan data-data blog Anda (khususnya pos). Jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan SQL database (contoh: MySQL) untuk disinkronkan dengannya.

Layaknya sistem blog pada umunya, blog yang dibuat dengan menggunakan HTMLy juga memiliki fitur-fitur yang memadahi. Di antaranya fitur tersebut adalah: pengkategorian pos dengan tag (multi-tag), halaman arsip, halaman penulis, halaman statis (contoh: halaman profil blog), bahkan HTMLy juga sudah mendukung multi-user yang memungkinkan untuk menyatukan penulis lebih dari satu orang untuk membangun pos bersama.
Penasaran mencoba HTMLy? Anda dapat mengunjungi situs resminya di http://www.htmly.com/ untuk mempelajarinya lebih lanjut.

2 komentar:

  1. Makasih gan ulasannya, lagi nyari informasi tentang flat file blog akhirnya menemukan postingan ini, sudah saya coba di localhost dan cepet banget ya, kayaknya dihosting gratisan masih bisa. Paling suka saya admin panelnya, edit, delete postnya keren. Fitur juga sudah lengkap untuk sebuah platform tanpa database. Salut sama pembuatnya.

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan baik. Komentar anonim tidak akan dijawab.