Sabtu, 10 Agustus 2013

Ghost: Platform Blogging Baru yang Sederhana

Ghost Blog PlatformGhost? Apakah ini hantu? Bukan. Kali ini saya hanya ingin berbagi hal soal platform blog baru. Dari judul posting kali ini sepertinya sudah sangat dapat dimengerti.

Ghost. Platform self-hosted untuk ngeblog garapan John O'Nolan ini memang belum dirilis. Namun sponsor untuk proyek ini sendiri sudah banyak, serta beberapa bocoran sudah dikeluarkan oleh eks tim WordPress ini. Melalui website resmi Ghost di tryghost.org Anda dapat mencoba sedikit bagaimana sistem dari Ghost ini bekerja, setidaknya sebelum ini semua dirilis. Yang menjadi pusat perhatian di sini adalah pada sistem penulisan postingnya. Sistem penulisan posting menggunakan markdown. Apa itu markdown? Saya pun juga tidak terlalu tahu tentang ini, yang jelas seperti bahasa pem-formatan tertentu, dan ini terlihat begitu sederhana!

Mirip dengan platform blog Dropplets (dropplets.org), jika Anda pernah mencobanya. Yang membedakan jika Dropplets harus membuat file secara manual di komputer dengan notepad atau program sejenisnya dan menyimpannya dengan ber-format markdown (.md) setiap membuat posting baru, sebelum nanti masih harus mengunggahnya lagi. Agak susah dan kita tidak dapat melihat hasil posting secara langsung.

Nah, di platform Ghost ini kita dapat membuat postingnya langsung di dasbor dan melihat hasilnya secara real-time, mirip semacam editor HTML real-time, namun ingat bahwa ini semua adalah markdown :).

Dari website resmi Ghost, mereka masih menggalang dana dan bekerja menyelesaikan ini. Sedang kabarnya, ini akan dirilis sekitar akhir musim panas nanti.

Bagaimana, tertarik mencoba? Tunggu tanggal mainnya! Haha... :D

5 komentar:

  1. Semoga bisa lebih menarik dari blogger. :)
    Karena saya yang faham cuma blogger, itupun kadang masih bolak-balik konsultasi sama google..

    Self hosting?
    Beneran saya penasaran.. Ini bisa localhost kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinanti saja rilisnya... Yang jelas saya belum pernah coba hosting di localhost, soalnya koneksi belum pernah memenuhi untuk mengunduh software pendukungnya... :)

      Hapus
  2. Blogger dan wordpress aza belum lulus,dah ada lagi? hum...hum...menyimak dulu aza :)

    BalasHapus
  3. kayaknya oke juga nih buat dijadikan dummy :D

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan baik. Komentar anonim tidak akan dijawab.